Pages

Minggu, 04 Januari 2015

Membuat alat peraga Pesawat Sederhana (katrol)

Setiap hari kamu pasti selalu melakukan usaha. Ada yang mudah dan ada pula yang sulit. Oleh karena itu, kadang-kadang kamu memerlukan suatu alat sederhana yang dapat membantumu melakukan usaha. Alat itu disebut dengan pesawat sederhana. Misalnya, kamu akan menancapkan paku pada kayu, tentu akan sulit tanpa palu. Begitu pula ketika kamu akan membuka baut, akan kesulitan apabila tanpa bantuan kunci pembukanya. Pesawat sederhana banyak sekali jenisnya dan semuanya dibuat untuk memudahkan kamu melakukan usaha. Prinsip kerja pesawat sederhana dikelompokkan menjadi beberapa bagian, di antaranya tuas, katrol, dan bidang miring. salah satunya adalah katrol
Pada kesempatan ini saya akan menyampaikan pembahasan tentang salah satu pesawat sederhana yaitu KATROL. Namanya juga pesawat sederhana jadi teknologinya juga sederhana (tidak pakai mesin). Katrol sering dipakai untuk memindahkan benda ke tempat yang lebih atas dari posisinya semula. Alat ini dipakai setelah usaha mengangkat dengan kedua tangan mengalami kesulitan karena berat dari benda melebihi kapasitas orang yang melakukannya.
Katrol adalah satu dari beberapa jenis pesawat sederhana yang dikenal dalam fisika. Katrol merupakan pesawat sederhana berupa roda yang sekelilingnya bisa dilalui tali atau rantai. Roda tersebut berputar pada sumbu yang dipasang pada sebuah kerangka. Pemahkah Anda melihat orang menimba air menggunakan katro!? Itu merupakan salah satu penggunaan katrol. Apa keuntungannya? Mengangkat benda ke atas dengan bantuan katrol akan lebih mudah. Dengan katrol arah gaya dapat diubah, yaitu dari gaya angkat ke atas oleh tangan menjadi gaya tarik ke bawah oleh katrol. Berdasarkan tempat kedudukannya, katrol dapat digo!ongkan atas 3 macam, yaitu:
  • Katrol Tetap
Katrol tetap merupakan katrol yang posisinya tidak berpindah pada saat digunakan. Katrol jenis ini biasanya dipasang pada tempat tertentu.
  • Katrol Bebas
Berbeda dengan katrol bebas, pada katrol bebas kedudukan atau posisi katrol berubah dan tidak dipasang pada tempat tertentu. Katrol jenis ini biasanya ditempatkan di atas tali yang kedudukannya dapat berubah.
  • Katrol Ganda
Katrol majemuk merupakan perpaduan dari katrol tetap dan katrol bebas. Kedua katrol ini dihubungkan dengan tali. Pada katrol majemuk, beban dikaitkan pada katrol bebas. Salah satu ujung tali dikaitkan pada penampang katrol tetap. Jika ujung tali yang lainnya ditarik maka beban akan terangkat beserta bergeraknya katrol bebas ke atas.

Simulasi alat peraga katrol ini terdapat pada mata pelajaran IPA Kelas 5 pada bab pesawat sederhana. Dengan menggunakan alat peraga katrol secara nyata, siswa diharapkan mampu memahami fungsi dan cara kerja katrol secara konstruk. Menggunakan metode belajar visual, audio, siswa akan lebih mengerti seperi apa bentuk dan penggunaan katrol.
Bagaimana mengajarkannya untuk anak SD? Berikut ini rancangan kegiatan pembelajarannya, disesuaikan dengan tingkat pemahaman anak-anak kita.
Pertama diskusi dengan anak-anak tentang pengertian pesawat sederhana, yaitu alat yang bisa memudahkan pekerjaan manusia menggunakan teknologi yang sederhana. Pada tahap ini dibahas tentang contoh-contoh pesawat dan fungsinya. Kemudian topik beralih ke salah satu contoh pesawat sederhana yaitu katrol. Ajak anak anak untuk membuat katrol sederhana
langkah-langkah membuat alat peraga katrol 
Alat dan bahan :
  1. Palet mesin jahit
  2. Bambu/ bisa diganti dengan kawat
  3. Tali
  4. Cutter
  5. Stik kayu es krim

Langkah - Langkah membuat roda berporos :
    Lubangi 2 stik es krim dengan jarak yang sama, kemudian rangkai bagian stik es krim, bambu dan palet dengan memasukan bambu pada lubang stik eskrim dengan bagian tengannya palet kemudian rapatkan dengan menggunakan lem, dan terakhir tempelkan pada penyangga

    0 komentar:

    Posting Komentar